May 26, 2024

Guyub Rukun di Sawojajar

Sabtu (13/5) guru, staf Tata Usaha, dan karyawan beserta keluarga melakukan hijrah secara rombongan menuju Sawojajar. Perjalanan ini dilaksanakan dalam rangka kegiatan rutin Dharma Wanita sebagai bagian dari program madrasah yang bertujuan untuk meningkatkan keakraban dan kerukunan para keluarga dari guru, staf TU, dan karyawan MAN 3 Malang. Suami, istri, dan anak dari warga MAN 3 Malang turut serta dalam bagian acara tersebut. Dharma Wanita di MAN 3 Malang ini sebagai wadah yang diprogramkan agar harmonisasi kekeluargaan terjalin, tidak hanya secara internal dari warga MAN 3 Malang saja, tetapi juga dari keluarga yang juga menjadi bagian yang tidak terpisahkan.

Acara Dharma Wanita bertempat di rumah Zainul Musafak-Sawojajar, yang ingin bersilaturahmi secara langsung sebagai Kepala Madrasah yang baru agar dikenal oleh keluarga dari warga MAN 3 Malang. Jalin keguyub-rukunan ini dipandu oleh Enawati sebagai pengarah acara, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Dharma Wanita… Asnik Suliyati dan pembinaan dari Kepala MAN 3 Malang.  Rangkaian berikutnya adalah istigasah dan doa keselamatan bagi keluarga dengan imam Ustaz Umar Tajudin.

Berikutnya, mauizah hasanah yang disampaikan oleh Ustaz AS Mukhlis bertema “Kebanggaan terhadap Kebesaran Keluarga dan Peradaban”, menguraikan tentang hikmah dari perbedaan menuju kerukunan dalam mewujudkan tujuan. Keluarga sebagai bagian terkecil lingkungan juga mempunyai perbedaan seperti perbedaan pandangan, karakter atau sifat, dan pemikiran lainnya. Namun, hal itu harus kembali kepada khittah awal, yaitu untuk bersama suami, istri, anak, dan kerabat lain menggapai asa keluarga sakinah mawadah wa rahmah. Seperti halnya di MAN 3 Malang, keberagaman perbedaan opini dan karakter dari warga MAN 3 Malang harus menjadi ‘kekuatan’ untuk mewujudkan program-program yang termuat dalam visi-misi sebagai tugas untuk melayani masyarakat dalam bidang pendidikan.

Sangat Soleh menutup dengan doa yang dilanjutkan dengan ramah-ramah dan bercengkrama santai antar warga dan keluarga MAN 3 Malang. Acara Dharma Wanita usai pada pukul 12.30 WIB dengan meninggalkan kesan guyub rukun yang mendalam bagi warga dan keluarga MAN 3 Malang. Harapan Zainul Musafak, semoga Dharma Wanita berikutnya akan lebih berkesan dengan banyaknya anggota keluarga yang hadir untuk lebih meng-guyubrukun-kan warga dan keluarga MAN 3 Malang. (jOe)