May 25, 2024

Sosialisasi SPAK Bentuk Pendidikan Anti Korupsi di MAN 3 MALANG

SOSIALISASI SPAK BENTUK PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DI MAN 3 MALANG

Sosialisasi SPAK

Donomulyo, MAN3MLG., Berdasarkan hasil sourvei dari KPK, bahwasan maraknya budaya korupsi di Indonesia dikarenakan kurangnya pengenalan dan edukasi tentang korupsi sejak dini. Untuk itulah penanaman nilai-nilai anti korupsi terhadap generasi bangsa sangat perlu diajarkan dan dikenalkan guna menekan hal tersebut.

Untuk itulah, MAN 3 Malang sebagai lembaga pendidikan yang menyiapkan & mendidik generasi masa depan mengadakan Sosialisasi SPAK (Saya Perempuan Anti Korupsi) kepada semua siswa Putri MAN 3 Malang, dengan tema, “Menguatkan Pendidikan Karakter Demi Generasi Bangsa”.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan bekerjasama antara Dharma Wanita Persatuan (DWP) MAN 3 Malang dan KUA Kec. Donomulyo.

Sosialisasi SPAK yang dilaksanakan pada Selasa, 27 Agustus 2019 mulai pukul 08.00 – 10.30 ini bertujuan untuk memperkenalkan sejak dini jenis-jenis tindakan penyimpangan dalam menata penggunaan keuangan terutama keuangan negara, antara lain: Korupsi, Suap, Gratifikasi dan Pencucian Uang (money loundry). yang dikemas dalam bentuk fresh education dengan game interaktif. Sehingga kegiatan berjalan dengan aktif dan menyenangkan dalam menanamkan 9 nilai moral seperti jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, adil dan sabar.

Kegiatan yang dikomandoi oleh Ibu Hj. Nailun Najah sebagai ketua DWP KUA Kec. Donomulyo dan Ibu Hj. Nur Faridah sebagai ketua DWP MAN 3 Malang yang sekaligus sebagai pemateri dan didampingai oleh Chusnul Ma’rifah dan Sukaning Dyah Siwi sebagai pengurus DWP MAN 3 Malang, menekankan bahwa Wanita sebagai pilar utama pendidikan ibu dan anak, juga berperan sebagai pendamping utama para suami / bapak dalam mengambil keputusan dan bertindak.

Dengan demikian, jenis-jenis kejahatan korupsi dapat ditekan dan semai (sembilan nilai) dapat tertanamkan. (M’AS/HUMAS M3M)

 

Foto Dokumentasi Sosialisasi SPAK di MAN 3 MALANG