July 13, 2024

BERSAMA MAN 3 MALANG, BALINDO TEMBUS 5 BATIK TERBAIK NUSANTARA

BERSAMA MAN 3 MALANG, BALINDO TEMBUS 5 BATIK TERBAIK NUSANTARA

Kab. Malang, M3M., Gelaran event Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Plor Management di Jakarta, 21-23 Juni 2024, Kab. Malang mengirim Duta dari MAN 3 MALANG, Muhammad Iqbal Nurhainin Prakoso Kls XII IPS3-TBSM asal Donomulyo untuk mengenalkan BALINDO (Batik Asli Donomulyo) sebagai wakil Jawa Timur dalam ajang Pesona Batik Nusantara (PBN).

Dwi Juniarto sebagai Koordinator dari Jawa Timur menyatakan, “Batik khas Kabupaten Malang memiliki ciri khas tersendiri, sehingga mendapat perhatian nasional”. Hal ini dibuktikan dengan perjuangan Tim yang cukup panjang. Yakni, sebelum maju ke Grand Final, Tim tersebut telah lolos di tingkat Provinsi. Akhirnya, usaha tersebut membuahkan hasil sebagai The Best 5 dalam ajang PBN tersebut. Sehingga BALINDO memiliki potensi untuk terangkat.

Adapun motif yang tergores dalam Batik BALINDO adalah motif Paralayang dan Burung Merak Alasan (Merak Hutan). Paralayang mempresentasikan salah satu wisata andalan di Pantai Modangan Desa Sumberoto dimana tempat MAN 3 MALANG berdomisili. Sedang Merak Alasan merupakan burung merak hutan yang banyak dikawasan tersebut.

Zainul Musafak sebagai Kepala MAN 3 MALANG merasa bangga dan menyatakan, “Semoga Ananda Iqbal (sapaan akrabnya), Desa Sumberoto, Kec. Donomulyo, Kab. Malang dan MAN 3 MALANG dapat menembus Batik paling Trendy di Nusantara sambil tersenyum bangga.(AS’M)