May 25, 2024

Jalin Akrab dengan Sahabat Biru-Putih Arnedsa

Rabu (24/5) Kepala MAN 3 Malang, Zainul Musafak bersama Perwakilan Kepala Madrasah (PKM) bidang Humas, Sukateman bersilaturahmi ke SMP Negeri 1 Donomulyo atau dikenal dengan Arnedsa. Kunjungan ini disambut hangat oleh Ridwan Purwoko selaku Kepala Sekolah di SMP Negeri 1 Donomulyo yang terletak di jalan raya 60 Donomulyo.

Ridwan Purwoko mengungkapkan bahwa Arnedsa dengan tanggal SK pendirian sejak tahun 1982, SMP Negeri 1 Donomulyo memiliki pondasi yang kuat, sebagai sekolah yang terus meningkatkan kemajuan dan perkembangan dalam bidang inovasi pendidikan. Berbekal visi “Terwujudnya Lulusan yang Unggul dalam Bidang Akademis dan Nonakademis, Religius, Berkarakter, serta Berwawasan Lingkungan, dan Global”, SMP Negeri 1 Donomulyo berupaya untuk menyelenggarakan pembelajaran yang unggul dalam bidang intrakurikuler dan ekstrakurikuler yang kreatif dan inovatif.

Kunjungan Kepala MA Negeri 3 Malang beserta PKM Humas dalam upayanya untuk menjalin koordinasi dan konsolidasi yang kuat dan harmonis sebagai lembaga pendidikan formal di ruang lingkup Kecamatan Donomulyo.

“Khusus dalam bidang kehumasan, SMP Negeri 1 Donomulyo dan MA Negeri 3 Malang akan bekerja sama untuk saling mempublikasikan kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan. Selain itu, dukungan baik itu materiil ataupun nonmateriil akan terus dikembangkan”, Sukateman.menjelaskan maksud dan tujuannya bersilarurahmi ke SMP Negeri 1 Donomulyo.

Terdapat kesamaan antara dua Kepala, yaitu masing-masing mempunyai tempat tinggal yang jauh dari sekolah sebagai tempat untuk mengabdi. Ridwan Purwoko yang beralamat di Talangagung-Kepanjen dengan jarak tempuh sekitar 36km dan Zainul Musafak yang beralamat di Sawojajar-Malang dengan jarak tempuh 64km. Durasi tempuh sekitar 1,5-2 jam tidak menjadi kendala karena sudah menjadi kewajiban sebagai warga untuk aktif andil turut mencerdaskan kehidupan bangsa.

Kedua Kepala Sekolah/Madrasah tampak asik berdialog, sambil sesekali saling “curhat” tentang kisah perjalanan setiap hari yang harus pulang-pergi dari rumah menuju ke sekolah/ madrasah.

Di akhir pertemuan jalin keakraban ini, Kepala SMP Negeri 1 Donomulyo dan Kepala MA Negeri 3 Malang, berkomitmen untuk saling berkoordinasi, membangun komunikasi, dan saling berkonsolidasi dalam bidang pendidikan demi mewujudkan tujuan dari sistem pendidikan nasional, khususnya meningkatkan kualitas pendidikan di Kecamatan Donomulyo. (jOe)