May 25, 2024

Narasi Selebrasi Kelulusan MAN 3 Malang

Merayakan dalam penuh kebanggaan dan kekhidmatan, itulah yang tampak pada perayaan prosesi wisudawan-wisudawati Tahun Ajaran 2022/2023, Kamis (25/2). Bertema “MAN 3 Malang Pelopor Inovasi dan Enterpreneurship” perayaan wisuda dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang, Kepala Sekolah / Madrasah perwakilan dari semua jenjang SD/MI dan SMP/MTs,  seluruh wali murid kelas XII, tokoh agama, tokoh masyarakat, Muspika Kecamatan Donomulyo, dan tamu undangan lainnya.

“Lanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau bekerja, jangan terburu-buru menikah tunggulah ‘umur’ yang matang terlebih dahulu”, nasihat dari Bapak Sahid, selaku Kankemenag Kab. Malang ketika memberikan sambutan. Gelar wisuda yang dimulai sejak jam tujuh pagi diawali dengan terbang banjari asuhan Siti Mukaromah dan Khamdim yang dilanjutkan dengan iringan kirab tari sebar bunga, diikuti Kepala Madrasah dan Perwakilan Bidang Madrasah, serta para wisudawan-wisudawati yang nampak gagah dan anggun dengan jas dan kebaya yang dikenakan.

Suasana haru dan bangga para orang tua/ wali murid melihat anak-anaknya telah menempuh jenjang menengah atas selama tiga tahun di MAN 3 Malang. Menambah kesyahduan, iringan paduan suara yang dibina oleh Enawati dan Kurota Ayun,  mengiringi ketika para wisudawan naik ke panggung untuk disematkan gordon oleh Kepala MAN 3 Malang. Kekhidmatan berlanjut ketika dibacakan ikrar wisuda dengan tegas dan wibawa oleh tubagus dan alya intan, dilanjutkan kesyahduan persembahan “Kasih Bunda” yang dilantunkan oleh Reygina.

Mengawali rangkaian resepsi wisuda, Nissaullatifa melantunkan ayat suci Al-Qur’an dengan merdu dan khusyuk. Kesan dan pesan perwakilan adik kelas X dan XI, Dimas yang juga selaku ketua OSIS di MAN 3 Malang, berpesan kepada kakak kelas agar selalu mengingat kepada almamater tercinta meskipun sudah meninggalkan madrasah tercinta.

Diva Natasya dengan sedikit terbata, karena haru menyampaikan kesan dan pesannya sebagai perwakilan wisudawan, memohon maaf dan terima kasih kepada orang tua dan segenap warga MAN 3 Malang, terutam guru sebab telah berjuang dan berkorban senantiasa mendampingi; menjadi pamong, among, dan momong ketika proses pembelajaran. Surprise! Di akhir sambutannya, dipertontokan video sinematik garapan dari Galih, Rama, dan Habib yang menampilkan scen-scene video ketika masa-masa para wisudawan masih bersekolah di MAN 3 Malang. Riuh sorak dari para wisudawan dengan mata yang berkaca dan sedikit air mata, tak mampu menahan mengingat memori-memori indah selama di MAN 3 Malang.

MAN 3 Malang memang penuh talenta, hentakan wirama, wilagu, dan wiraga dalam tarian “Gandrung” ditampilkan sebagai selingan berikutnya. Antusiasme tamu undangan terlihat ketika tarian dibawakan ke atas panggung.

Berikutnya, pembacaan siswa berprestasi yang dibacakan oleh Ahmad Muzakki berdasarkan raihan nilai tertinggi dari Ujian Asesmen Madrasah dan nilai praktik keterampilan. Adapun nama-nama wisudawan yang berprestasi adalah Lusiani Nurhayati (Wisudawan Terbaik 1 MIPA), Sahila Dewina Putri (Wisudawan Terbaik 2 MIPA), Diva Natasya (Wisudawan Terbaik 2 MIPA), Intan Dwi Purboningrum (Wisudawan Terbaik 3 MIPA), Fika Elma Andari (Wisudawan Terbaik 1 IPS), Ilma Nafi’a Ridha (Wisudawan Terbaik 2 IPS), Alya Sekar Andini (Wisudawan Terbaik 3 IPS), Ainul Ummiyatus Suufi Wardanah (Wisudawan Terbaik 1 Keagamaan), Ririn Kurnia Wati ( Wisudawan Terbaik 2 Keagamaan), Herlina Setia Dewi (Wisudawan Terbaik 3).

Kepala MAN 3 Malang, Zainul Musafak dalam sambutannya memberikan pesan kepada wali murid bahwa wisuda bukan menjadi akhir dari sebuah pembelajaran. Namun, harus diteruskan dengan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi ataupun berkarya di masyarakat, dengan bekal ilmu agama, pengetahuan, dan keterampilan yang diperoleh ketika menempuh pembelajaran di MAN 3 Malang. Selanjutnya, serah terima para wisudawan diterima oleh Urip Sunardi selaku ketua komite MAN 3 Malang yang mewakili seluruh para wali murid atau orang tua mengucapkan terima kasih kepada warga MAN 3 Malang telah mendidik dan membimbing siswa selama tiga tahun.

Raya wisuda Tahun Ajaran 2022/2023 ditutup dengan doa oleh Yai Solikin selaku sesepuh dan tokoh agama di Kecamatan Donomulyo, dengan harapan para wisudawan-wisudawati dari MAN 3 Malang akan tumbuh berkembang serta bermanfaat bagi agama, masyarakat, bangsa, dan lingkungan.

Selamat dan sukses bagi para wisudawan! Selamat menempuh jenjang karya berikutnya… Semoga menjadi kelulusan yang mabrur dan barokah. Amin.. (jOe)