June 24, 2024

Selamat Hari Raya Waisak 2568 BE / 2024 M

Hari Waisak, yang jatuh pada tanggal 23 Mei 2024, adalah momen yang sangat penting bagi umat Buddha di seluruh dunia. Hari ini memperingati tiga peristiwa utama dalam kehidupan Siddhartha Gautama, yang dikenal sebagai Buddha: kelahiran, pencerahan, dan wafatnya.

Pada pagi hari yang tenang, para umat Buddha berkumpul di vihara-vihara dan tempat-tempat suci untuk mengikuti berbagai ritual keagamaan. Suara lonceng yang menggema menandai dimulainya upacara Waisak. Para bhikkhu yang mengenakan jubah safron memimpin doa dan meditasi, mengundang kedamaian dan kebijaksanaan untuk semua makhluk hidup.

Keluarga-keluarga datang bersama, membawa bunga, lilin, dan dupa sebagai persembahan. Bunga melambangkan keindahan dan kefanaan hidup, lilin sebagai simbol pencerahan, dan dupa untuk menyucikan pikiran dan lingkungan sekitar. Prosesi berjalan dengan khidmat, diiringi oleh nyanyian sutra-sutra suci yang mengisi udara dengan keheningan dan ketenangan.

Di berbagai tempat, umat Buddha melakukan ritual Pelepasan Satwa, sebuah tradisi di mana burung-burung atau ikan dilepaskan sebagai simbol pembebasan dan kasih sayang terhadap semua makhluk hidup. Anak-anak dengan gembira melepaskan burung-burung dari sangkarnya, mengirimkan doa dan harapan baik ke angkasa luas.

Pada hari Waisak ini, kegiatan bakti sosial juga menjadi bagian integral dari perayaan. Umat Buddha berbagi makanan dengan yang membutuhkan, mengunjungi panti asuhan, dan memberikan bantuan kepada mereka yang kurang beruntung. Semangat kebersamaan dan kemurahan hati terpancar di setiap sudut, menggambarkan ajaran Buddha tentang cinta kasih dan belas kasih.

Malam harinya, vihara-vihara dihiasi dengan ribuan lampu dan lentera, menciptakan pemandangan yang memukau. Lampu-lampu tersebut melambangkan pencerahan yang menerangi kegelapan batin. Umat Buddha berkumpul untuk mengikuti dharma talk, mendengarkan ajaran-ajaran Buddha yang dibawakan oleh para bhikkhu senior. Mereka merenungkan makna hidup dan berusaha memperdalam pemahaman mereka tentang Dharma.

Hari Waisak 23 Mei 2024 ini menjadi momen refleksi dan perenungan bagi banyak orang. Ini adalah saat untuk memperkuat komitmen pada jalan spiritual, menanamkan nilai-nilai kebijaksanaan, dan menumbuhkan cinta kasih yang tak terbatas. Dalam suasana yang penuh damai dan harmoni, umat Buddha merayakan kehidupan dan ajaran Sang Buddha, berharap agar semua makhluk hidup mencapai kebahagiaan dan pembebasan dari penderitaan.

Hari Waisak bukan hanya sekedar perayaan agama, tetapi juga kesempatan untuk mempererat tali persaudaraan, menginspirasi perbuatan baik, dan menyebarkan pesan perdamaian di dunia yang seringkali penuh dengan konflik dan ketidakadilan. Semoga cahaya Waisak menerangi jalan kita semua menuju kedamaian dan pencerahan sejati.