May 25, 2024

Membanggakan! Pelajar MA Negeri 3 Malang Lolos Seleksi Paskibra Kabupaten

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Malang yang bervisi “Menumbuhkan Kebersamaan Masyrakat Malang yang Damai, Tentram, Terlindungi Hak dan Kewajibannya untuk Mempertahkan Pancasila dan NKRI”, melalui adminya pada 23/2 membuka pendaftaran calon pasibraka tahun 2024. Pembukaan pendaftaran yang dimulai pada 26 Februari s.d 10 Maret 2024 dengan berbagai syarat dan ketentuan, calon anggota paskibraka harus melalui rangkaian seleksi yang ketat dan kompetitif.

MA Negeri 3 Malang sebagai lembaga pendidikan menyambut antusias kegiatan tersebut dengan mengirimkan dua perwakilan siswa yang telah ditunjuk dan diseleksi oleh tim guru MA Negeri 3 Malang yang berkompetensi di bidang paskibraka. Dua siswa berprestasi tersebut adalah Alfalfa Akbar Pratama dan Chelsy Maharani. Beberapa rangkaian tes dan seleksi tersebut diantaranya adalah Tes Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, dan Tes Intelegensia Umum Bakal Calon Paskibraka Kabupaten Malang Tahun 2024, yang difasilitasi oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Malang. Tes ini menggunakan sisteam CAT atau Computer Assisted Test dan diikuti oleh 343 peserta dari seluruh pelajar Kabupaten Malang.

Rangkaian tes berikutnya adalah pelaksanaan Seleksi Kesehatan yang bertempat di Batalyon Zeni Tempur 5/ Arati Bhaya Wighina-Kepanjen. Rangkaian berikutnya dengan tempat yang sama adalah seleksi PBB dan Kesamaptaan, untuk kemudian diumumkan peserta yang lulus seleksi parade calon paskibraka Kabupaten Malang 2024. Setelah itu,  para calon anggota paskibraka juga harus mengikuti Seleksi Kepribadian yang terdiri atas wawancara, penelusuran minat dan bakat, serta rekam jejak di media sosial. Pelaksanaan seleksi anggota paskibraka sangat ketat, dari 343 yang berhak lolos adalah sejumlah 86.

Alhamdulillahirabbilalaamiin..perwakilan dari MA Negeri 3 Malang yang lulus seleksi terdapat satu siswa, yaitu Chelsy Maharani. Sungguh prestasi yang membanggakan!

Zainul Musafak selaku Kepala Madrasah mengungkapkan ekspresi bangga atas raihan prestasi yang diraih oleh salah satu peserta didik MA Negeri 3 Malang. “Barakallah..Sungguh membanggakan! Salut untuk Chelsy yang lulus menjadi anggota Paskibraka Kabupaten Malang. Tentu ini sebuah ajang yang prestisius dan membanggakan MA Negeri 3 Malang untuk lebih ‘berbicara’ di tingkat Kabupaten.”

Chelsy mengungkapkan pada awal mengikuti seleksi merasa minder dan cemas. Hal ini dikarenakan pesertanya yang banyak dan dari sekolah atau madrasah yang sudah dikenal dan popular di tingkat kabupaten. Berkat restu, bimbingan, dan motivasi dari orang tua serta guru-guru di MA Negeri 3 Malang yang selalu men-support, Chelsy bersama Alfalfa percaya diri untuk mengikuti tahapan-tahapan seleksi yang diadakan.

“Merinding…ketika melihat peserta lainnya bagus-bagus. Pesertanya banyak sekali, semua tampak tinggi-tinggi, gagah-gagah, dan mempunyai skill PBB yang mumpuni. Apalagi ketika tes kepribadian, melalui wawancara..Wuihh..deg-deg an sekali! Alhamdulillah..pada akhirnya lulus seleksi”, tutur Chelsy.

Keikutsertaan dan capaian ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi MA Negeri 3 Malang. Sebuah bukti dari komitmen implementasi dari pembelajaran karakter nasionalisme dan patriotisme pada generasi muda. Diharapkan raihan prestasi ini bisa menjadi inspirasi bagi siswa MA Negeri 3 Malang lain, melalui semangat dan disiplin, integritas, patriotisme, dan daya juang bisa berkontribusi pada bangsa. Semoga pada tahun depan, jumlah peserta yang ikut dan lulus seleksi dari MA Negeri 3 Malang akan lebih banyak lagi untuk dapat mewakili di tingkat kabupaten, provinsi, bahkan sampai tingkat nasional. Aamiin..

Selamat untuk Chelsy Maharani, selamat mengikuti pendidikan Paskibraka selanjutnya. Semoga semakin membawa nama harum almamater MA Negeri 3 Malang tercinta di tingkat kabupaten. Tetap berkomitmen dan rendah hati, dinantikan berbagai ilmu dan pengalaman berkesan yang didapatkan untuk bisa dishare  ke siswa MA Negeri 3 Malang. Tetap semangat dan berjuang atas nama cinta tanah air dan bangsa! (jOe)