May 26, 2024

Peduli Berbagi dan Kenduri Cinta MA Negeri 3 Malang

Santunan Wujud Kepedulian

Harlah MA Negeri 3 Malang diperingati dengan berbagai rangkaian kemeriahan acara yang tidak hanya sekadar gebyar dan kebyar, namun mengandung pesan tentang syukur, peningkatan ketakwaan kepada Allah SWT, kebersamaan, solidaritas, wadah peyaluran bakat, minat, dan potensi, serta kepedulian. Agenda religi melalui shalawat-an, kompetisi 3K Fun ‘n Run, ekspresni seni dan budaya melalui Pensi kelas, lesehan kebersamaan dengan makan bersama dengan seluruh warga madrasah, santunan dari siswa di dalam ataupun luar madrasah serta tumpengan yang secara simbolik sebagai peringatan anniversary MA Negeri 3 Malang ke-15.

Kegiatan santunan yang diadakan pada Rabu (6/3) diinisiasi oleh panitia Harlah MA Negeri 3 Malang sebagai bentuk kegiatan rutin yang memang diadakan setiap tahun. Kegiatan sosial tersebut menjadi momen bagi MA Negeri 3 Malang sebagai bentuk kepedulian terhadap siswa yatim, piatu, dan yang termasuk kurang mampu.

“Kegiatan santunan ini tidak hanya bagi siswa madrasah saja, tetapi juga siswa dari sekolah lain. MTs Negeri 5 Malang, MTs Negeri 7 Blitar, MTs NU Futuhiyyah, SMP Negeri 1 Donomulyo, SMP Negeri 2 Wates, dengan jumlah 30 siswa. Adapun dari siswa madrasah sendiri, ada 20 anak untuk disantuni”, jelas Imam Syafiul Huda selaku Kepala Tata Usaha MA Negeri 3 Malang.

Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian MA Negeri 3 Malang kepada siswa yang layak untuk diberikan santunan agar bisa menjadi motivasi dan bentuk dukungan agar siswa lebih bersemangat. Selain itu Enawati selaku koordinator bidang keagamaan menjelaskan, jika MA Negeri 3 Malang memberikan fasilitas bea siswa bagi siswa yang kurang mampu agar dapat terus melanjutkan sampai jenjang menengah atas.

“Program santunan biasanya terdapat pada acara harlah, jelang Idul Fitri, dan Muharram. Selain itu diinformasikan bagi siswa SMP/MTs bahwa di MA Negeri 3 Malang terdapat bea siswa bagi siswa kurang mampu melalui kriteria yang ditentukan. Hal ini menjadi program dari koordinator bidang keagamaan yang disetujui oleh jajaran pimpinan madrasah dan komite serta dukungan dari dewan guru”, Enawati menjelaskan.

AS Mukhlis dalam sambutannya memberikan pesan bahwa melalui kegiatan berbagi dalam hal apapun, termasuk santunan akan menularkan orang lain untuk berbuat baik. Ketika membantu orang lain, maka perbuatan tersebut akan diingat dan menjadi inspirasi. Untuk itulah, perbuatan berbagi ini diingat sebagai hal kebaikan dan dibalas dengan hal sama saat orang lain membutuhkan pertolongan.

Dengan iringan shalawat, Kepala Madrasah Zainul Musafak memberikan santunan kepada siswa madrasah ataupun dari luar madrasah. Beliau berpesan kepada para siswa, agar senantiasa bersyukur atas nikmat Allah SWT, tidak putus asa dalam menjalani kehidupan sehari-hari, dan komitmen bagi siswa SMP/MTs yang ingin melanjutkan ke MA Negeri 3 Malang akan diberikan fasilitas khusus dalam hal administrasi ataupun pembiayaan.

Kenduri Cinta

Bertempat di musala MA Negeri 3 Malang yang diikuti oleh seluruh guru, staf Tata Usaha, karyawan, dan OSIM sebagai perwakilan siswa acara Kenduri Cinta dilaksanakan. Acara ini merupakan ekspresi rasa syukur kepada Allah SWT yang diselingi dengan lantunan doa munajah ungkapan syukur atas anugerah, kenikmatan, dan ngalap berkah atau mengharap rida Allah SWT untuk kegiatan-kegiatan yang sebelum atau akan dilaksanakan, agar memeroleh kelancaran dan hikmah keberkahan.

AS Mukhlis dalam sambutannya menyatakan bahwa Kenduri Cinta ini merupakan bentuk syukur seraya memuji kepada Allah SWT dan bershalawat atas Nabi Muhammad SAW bentuk tunduk dan tawadlu mengakui kebesaran ilahiyah dan kemurahan kenikmatan yang diberikan untuk madrasah. Beliau juga menambahkan bahwa kegiatan Kenduri Cinta ini merupakan permohonan dan harapan agar seluruh warga madrasah, terutama pimpinan; Kepala Madrasah, Kepala Tata Usaha, dewan guru, staf Tata Usaha, dan karyawan khususnya agar diberikan kemampuan; kekuatan untuk menjaga, memlihara, dan memanfaatkan nikmat yang diberikan kepada madrasah dengan baik.

“Kenduri Cinta diisi dengan gelar doa bersama dan berbagi. Selaku pimpinan madrasah, kami mengharap agar Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan dan rida-Nya kepada kami; pemangku madrasah, agar bisa menjaga amanah, memberikan layanan prima kepada para siswa, mampu meningkatkan kualitas yang bisa berdampak dan dirasakan hasilnya oleh masyarakat sekitar dan bangsa secara luas, dan tidak lupa memohon doa kepada Allah SWT agar kami diberikan keselamatan, kesabaran, mampu menjadi profesionalitas, dedikasi, dan integritas, menghadapi tantangan yang semakin kompleks sebagai tuntutan zaman di masa depan”, ungkap Zainul Musafak dalam sambutannya.

Acara Kenduri Cinta berlangsung dengan khidmat, haru bercampur kebahagiaan. Rasa haru, bahwa MA Negeri 3 Malang telah 15 tahun berdiri menjadi lembaga pendidikan formal berbasis keislaman di bawah naungan Kementerian Agama Kabupaten Malang sebagai sub dari Kementerian Agama RI, suka-duka, bahagia-sedih, teman silih berganti, perbedaan pendapat yang dianggap sebagai rahmat, aneka pengalaman menghadapi berbagai macam karakteristik siswa, tuntutan kerja secara profesional dan etika moral sebagai tenaga pendidik dan kependidikan, berbaur menjadi satu menjadi perenungan pada acara tersebut.

Pemotongan tumpeng oleh Kepala Madrasah yang diberikan kepada AS Mukhlis selaku Ketua Harlah, disambut dengan tepuk tangan dari hadirin Kenduri Cinta. Air mata haru, bahagia, diselingi dengan keakraban dari warga madrasah yang hadir semakin menegaskan bahwa ‘cinta’ kepada madrasah jelas tersirat dan tersurat secara lahiriyah juga batiniyah.

Acara kemudian ditutup dengan doa oleh ustaz Ifsori sebagai lantunan pujian, shalawat, dan pengharapan kepada Allah SWT di Hari Lahir MA Negeri 3 Malang ke-15.

Allaahummaftah ‘alainaa abwaabal khairi, wa abwaabal barakati, wa abwaaban ni’mati, wa abwaabar rizqi, wa abwaabal quwwata, wa abwaabash shihhati, wa abwaabas salaamati, birahmatika yaa arhamar raahimiin

“Ya Allah, bukakanlah atas kami pintu kebajikan, pintu berkah, pintu nikmat, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, dan pintu keselamatan dengan rahmat-Mu wahai Dzat yang Maha Pengasih di antara para pengasih.”

Selamat Harlah MA Negeri 3 Malang ke-15, semoga seluruh rangkaian acara sebagai simbol kebersamaan, kesolidan, persatuan, dan eksistensi rasa syukur kepada Allah SWT. Teriiring doa kepada tenaga pendidik dan kependidikan senantiasa diberikan keselamatan, kesehatan, keluasan pengetahuan, keberkahan rezeki, rahmat, dan ampunan. Semua aktivitas kinerja, menjadi amal solih dan ibadah, manifestasi dari pengabdian dan ibadah kepada Allah. Dengan dedikasi, profesionalitas, loyalitas, dan integritas sesuai tuntunan agama, bangsa, nilai, dan etika mampu membentuk siswa-siswa yang cerdas berkualitas, kuat bergama dan tenggang rasa dengan sesama, berpengetahuan, serta beradab. Aamiin..

MA Negeri 3 Malang-ku, Keep moving forwards! Challenges are make interesting-Overcoming them is makes full meaning. Glory for MA Negeri 3 Malang! (jOe)