May 25, 2024

Pensi dan Lesehan Solidaritas

Masih di hari yang sama (5/3) MA Negeri 3 Malang juga menyelenggarakan gelas Pentas Seni yang bertempat di dome. Para atlet yang selesai berlomba bisa menikmati sajian-sajian artistik yang ditampilkan oleh siswa-siswi kebanggaan MA Negeri 3 Malang. Koordinator Yeni Safitri menyosialisasikan kepada para siswa bahwa akan ada gelar pentas seni sebagai rangkaian harlah MA Negeri 3 Malang ke-15. Dibantu dengan OSIM, Ayu Agustin dkk. bekerja keras penuh semangat menyukseskan seluruh rangkaian kegiatan harlah ini. Tampak dari hiasan panggung yang telah ditata sedemikian rupa dengan pernak-pernik yang estetik dipandu oleh Agus Sobirin dan Yeni Safitri, seluruh anggota OSIM MA Negeri 3 Malang membantu keseluruhan acara.

“Wah..kalau tidak ada OSIM, panitia akan kerepotan. OSIM yang luar biasa, cekatan dan tanggap. Tugas kepanitiaan madrasah menjadi ringan dan terbantu”, tutur AS Mukhlis sebagai Ketua Harlah MA Negeri 3 Malang menyatakan rasa terima kasihnya kepada OSIM.

Esa Candra selaku PKM bidang kesiswaan juga menyatakan kebanggaan dan kekagumannya kepada OSIM. Mulai dari kegiatan shalawatan, 3K, pensi, tumpengan, dan lain sebagainya, OSIM benar-benar dapat membantu kelancaran dan ketertiban selama pelaksanaan. Apresiasi juga diberikanoleh Zainul Musafak selaku Kepala Madrasah, bahwa OSIM mampu menjalin kerja sama dengan panitia madrasah dalam mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan kegiatan atau rangkaian harlah. Mereka selain bertugas untuk mempersiapkan di kelasnya masing-masing, masih tetap bisa menjalankan yang menjadi tugas job deskripsi dari panitia harlah.

“Terima kasih kepada panitia yang diketuai oleh Bapak AS Mukhlis beserta para anggotanya. Angkat topi dan dua jempol untuk OSIS MA Negeri 3 Malang. PMR, tim media, seluruh siswa madrasah, dan pihak internal madrasah yang telah bersusah-payah, bekerja keras, dan penuh dedikasi tinggi serta loyalitas kepada lembaga. Salut!”, tutu beliau.

Pentas seni yang digelar merupakan ajang kreasi, bakat, dan seni yang ditampilkan dari siswa kelas 10 dan 11. Tampilan yang terdiri dari menyanyi, menari, mini drama, parodi, unjuk ekskul, story telling, mampu memukau hadirin yang menyaksikan. Tari Gambyong, kecak, Jejer Gandrung, disertai tampilan-tampilan lain membuat acara harlah semakin meriah. “Terbang tinggi meraih prestasi teriring rida Ilahi” menjadi tema tersendiri pada pentas seni ini. Pentas seni ini merupakan festival bukan kompetisi atau tidak diperlombakan, namun rasa cinta para siswa kepada MA Negeri 3 Malang diwujudkan dalam persembahan dan unjuk bakat para siswa.

Tari Jejer Gandrung dari Banyuwangi disuguhkan dengan apik oleh gemulai yang harmoni dari wirasa, wirama, dan wiraga para penarinya. Tidak kalah menarik juga, tampilan ekspresif kreasi Wayangan bertema Nguri-uri Budaya Jawi melalui sebuah fragmen yang kolosal dikemas unik dan sarat filosofis. Tarian Kecak dari Bali mampu mencuri perhatian penikmat pensi, terdapat cerita Rama dan Sinta disela ceritanya yang memukau. Mini drama ‘Guru Unik’, simulasi pertolongan pertama oleh ekskul PMR, keterampilan semaphore oleh eksul Pramuka, storytelling dari ekskul English Course, dan tari Gambyong dari ekskul tari membuat pensi yang menjadi rangkaian harlah MA Negeri 3 Malang penuh dengan kemeriahan dan kekaguman yang luar biasa.

“Sunggu sangat berkelas! Semua tampilan yang dibawakan siswa kelas 10 dan 11. Luar biasa! Layak ditampilkan dalam panggung dan even yang lebih besar di luar madrasah. Pimpinan madrasah, wali kelas, guru-guru, tenaga kependidikan, dan karyawan serta semua siswa madrasah mampu mengerjakan sesuai perannya. Solidaritas yang luar biasa akan menghasilkan output dan produk yang juga luar biasa”, tutur Urip Sunardi selaku Ketua Komite MA Negeri 3 Malang menyatakan kekagumannya selama melihat pentas seni.

Setelah kegiatan pentas seni selesai, acara dilanjutkan dengan makan bersama ala lesehan. Seluruh warga madrasah; Kepala Madrasah, Kepala Tata Usaha, seluruh jajaran Perwakilah Kepala Madrasah, dewan guru, jajaran tenaga kependidikan, karyawan, dan seluruh siswa berbaur menjadi satu di dome untuk mensyukuri nikmat Allah SWT di 15 tahun MA Negeri 3 Malang melalui doa bersama dan makan bersama. Lesehan solidaritas!

Selamat Hari Lahir untuk MA Negeri 3 Malang tercinta, semua atas nikmat, karunia, anugerah, rida, dan kemurahan dari Allah SWT yang patut disyukuri. Doa dan asa dari seluruh warga madrasah, madrasah bisa semakin meningkatkan kualitasnya, mencetak generasi muda islam yang unggul dan berprestasi. Generasi muda yang religius, pancasilais, dan humanis! (jOe)