May 25, 2024

Kemeriahan Harlah MA Negeri 3 Malang ke-15 “Fun’n Run”

MA Negeri 3 Malang sebagai lembaga pendidikan formal tidak hanya terfokus pada pelayanan bidang akademik saja, melainkan juga dalam hal nonakademik seperti olah raga dan seni. Kegiatan ekstra kurikuler yang terdapat di MA Negeri 3 Malang dalam bidang olah raga misalnya, menjadi bagian atau program yang menjadi perhatian. Mulai dari pencarian bibit atlet, pembinaan, dan pengiriman atlet ke berbagai ajang mulai dari kecamatan hingga nasional menjadi salah satu visi-misi dari MA Negeri 3 Malang. Hal itulah yang juga menjadi dasar pemikiran dari Ketua Panitia Harlah MA Negeri 3 Malang, AS Mukhlis untuk menggelar even lomba 3K yang dimotori oleh Hafid sebagai koordinator. AS Mukhlis berharap dengan adanya gelaran even 3K ini mampu menyaring atlet dari SMP/ MTs lingkup Kec Donomulyo dan Wates (Kab Blitar) untuk melanjutkan minat, bakat, dan potensinya di MA Negeri 3 Malang.

Keseriusan MA Negeri 3 Malang dalam penyelenggaraan ini langsung bekerja sama dengan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) sebagai induk organisasi atletik di Kabupaten Malang. Hafid selaku koordinator sebelumnya mengirimkan undangan dan menjelaskan kepada lembaga-lembaga pendidikan SMP/ MTs yang diundang akan pentingnya even ini bagi siswa sebagai wadah dan ajang untuk melatih dan berkompetensi. Setelah itu, agar kegiatan ‘matang’ Hafid mengadakan zoom meeting kepada pembina atlet dari SMP/ MTs untuk menjelaskan petunjuk dan teknis tentang even 3K yang akan digelar di MA Negeri 3 Malang pada hari Selasa, 5 Maret 2024.

Even Fun ‘n Run ini mendapatkan dukungan dari berbagai lembaga pendidikan di ruang lingkup MA Negeri 3 Malang. Sekitar 10 lembaga pendidikan seperti SMP Negeri 1 Donomulyo, SMP Negeri 2 Donomulyo, SMP Negeri 3 Donomulyo, MTs Negeri 5 Malang, MTs NU Futuhiyyah, MTs Negeri 7 Blitar, SMPK St. Albertus Donomulyo, SMP Dharma Wirawan 07, SMP Dharma Wirawan 8, dan SMP Negeri 2 Wates turut mengirimkan atletnya. Lebih dari 400 peserta lebih berlomba di even yang diselenggaran MA Negeri 3 Malang dalam rangka memeringati Harlahnya ke-15.

Bertajuk Fun ‘n Run even ini berjalan dengan meriah dan kompetitif, yang dibuka langsung dari garis start oleh Kepala Madrasah, Zainul Musafak. Jalur yang dipilihkan melalui jalan utama Desa Sumberoto ke arah barat MA Negeri 3 Malang dengan jarak tempuh 3 kilometer. Para peserta akan mendapatkan apresiasi, dengan 3 pemenang dan 7 peserta yang akan mendapatkan sertifikat untuk peserta putra dan putri. Hadiah yang ditawarkan dengan total jutaan rupiah termasuk voucher pendidikan serta jika bersekolah di MA Negeri 3 Malang akan dibina oleh Hafid sebagai anggota PASI Kabupaten Malang serta diturutsertakan pada berbagai ajang atletik yang dilombakan di berbagai daerah sebagai atlet yang dikirimkan perwakilan dari MA Negeri 3 Malang.

Dedik Agus selaku guru pendamping atlet dari SMP Negeri 1 Donomulyo menyatakan bahwa even 3K ini mampu sebagai ajang untuk ajang prestasi nonakademik dan bentuk praktik kompetitif dengan peserta dari SMP/ MTs di ruang lingkup MA Negeri 3 Malang.

“Kami mengirimkan atlet dengan jumlah 200 lebih yang didominasi siswa kelas 9. Hal ini selain sebagai sarana rekreatif sebelum ujian, juga sebagai ajang bagi siswa kami untuk berpestasi dalam bidang olahraga. Semoga tahun depan lebih semarak dan tertata lagi”, ujarnya.

Wawan Budi pendamping dari MTs Negeri 5 Malang juga menyatakan antusiasnya dalam mengikuti perlombaan ini. Atlet yang dikirimkan tidak hanya kelas 9, namun kelas 7 dan 8. Hal ini untuk mengenalkan sejak dini bagaimana bentuk kompetisi yang benar-benar kompetitif jenjang SMP/ MTs dengan peserta yang beragam dari berbagai lembaga pendidikan.

Berikut ini merupakan daftar pemenang dari even 3K yang bertajuk Fun ‘n Run:

Daftar Pemenang Even 3K-Putra
NamaNo urut kedatanganAsal Sekolah
Eza1SMP N 1 Donomulyo
Iqbal Bayu S2MTS N 5 Malang
Kautsar3MTS Nu Futuhiyah
Devi Junianto4SMP N 3 Donomulyo
Andika Ferdiansyah5MTS Nu Futuhiyah
Batista6SMP N 1 Donomulyo
Tataning Bagas7SMP N 1 Donomulyo
Abudi Ramdan8SMP N 1 Donomulyo
M. Rici Putra9MTS N 5 Malang
Aris10SMP N 2 Donomulyo
Daftar Pemenang Even 3K-Putri
NamaNo Urut KedatanganAsal Sekolah
Sinta Nur Afifah1MTS N 5 Malang
Alifya Pelangi DC2SMP N 2 Donomulyo
Kayla Ceptia CH.3MTS N 5 Malang
Uswatul Fida4SMP N 1 Donomulyo
Diah Ain5SMP N 1 Donomulyo
Novita Valencia6MTS N 5 Malang
Fatimatul lainayah7MTS N 5 Malang
Fadila8MTS N 5 Malang
Anisa9SMP N 1 Donomulyo
Keysa Oktadiva10MTS N 5 Malang

Zainul Musafak mengharapkan dengan adanya even 3K ini mampu sebagai wadah untuk menyalurkan atlet dari SMP/ MTs ruang lingkup MA Negeri 3 Malang dalam bidang atletik. Voucher pendidikan, pembinaan intensif dari PASI, dan keikutsertaan even-even di luar madrasah kompetisi atletik menjadi sebuah komitmen bagi para pemenang yang akan melanjutkan ke MA Negeri 3 Malang.