May 26, 2024

**MA Negeri 3 Malang “Got Talent” dan Peresmian Semi Indoor Multifungsi*

Selasa (21/11)-Sumberoto. MA Negeri 3 Malang terus melakukan progresivitas melalui pengembangan sarana fisik dan nonfisik guna memberikan layanan prima kepada peserta didik. Dihadiri oleh Kakankemenag Kab Malang-Drs. Sahid, M.M. didampingi oleh Kasi Pendma Drs. Su’ib meresmikan gedung semi indoor multifungsi. Dalam sambutannya, Drs. Sahid, M.M. menyampaikan apresiasi kepada Zainul Musafak selaku Kepala MA Negeri 3 Malang atas kesuksesannya membangun semi indoor yang sangat bermanfaat bagi peserta didik untuk mengadakan segala aktivitas dan kegiatan yang bermanfaat di gedung tersebut. Drs. Su’ib selaku KasiPendma yang juga pernah menjabat Kepala Madrasah di MA Negeri 3 Malang menyatakan kekagumannya kepada Kepala Madrasah, dewan guru, staf Tata Usaha, dan karyawan yang telah melakukan berbagai progresivitas dan berbagai inovasi-penetrasi guna meningkatkan kualitas dan kuantitas di MA Negeri 3 Malang.

“Luar biasa! Rangkaian peresmian semi indoor, gelaran expo vokasi, lomba akademik, dan seni yang dilaksanakan sebagai sarana promosi, berhasil mengundang ratusan peserta didik dari SMP/MTs untuk lebih mengenal dan menjalin keakrab-dekatan dengan MA Negeri 3 Malang”, tutur beliau.

Rangkaian peresmian semi indoor multifungsi berlanjut dengan rangkaian kompetisi, yaiti lomba popdut singer, olimpiadi Pendidikan Agama Islam (PAI), ekspo vokasi tiga keterampilan (Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), Keterampilan Tata Boga (KTB), dan Desain Grafis (DG), santunan, dan gelar karya P5 berlansung dengan kemeriahan yang luar biasa. Kompetisi akademik berupa olimpiade PAI dan kompetisi popdut singer diikuti oleh beberapa lembaga pendidikan menengah SMP/MTs se-Malang dan Blitar selatan, yaitu MTs Negeri 5 Malang, SMP Negeri 1 Donomulyo, SMP Negeri 1 Wates-Blitar, SMP MUhammadiyah 05-Pagak, MTs Bahrul Huda-Kalipare, SMP Negeri 1 Kalipare, MTs SA Raudlatus Syifa-Kalipare, SMP Dharma Wirawan 8-Donomulyo, dan MTs Negeri 7 Blitar.

Hasil lomba popdut singer diumumkan oleh Siti Mukarromah dengan hasil Nayshilla-MTs Negeri 5 Malang sebagai juara I, Adinda Kusumasari-SMP Negeri 1 Donomulyo sebagai juara II, dan Shyla Kharismatul-MTs Negeri 5 Malang sebagai juara III.

Lomba olimpiade PAI yang diumumkan oleh Ahmad Muzakki selaku PKM Kurikulum dengan hasil  besar yaitu, Risa Aini, Firdausy Nilam, Aurel Ananditya, dan Anisa Salsabila yang semuanya dari MTs Negeri 5 Malang.

Esa Candra selaku PKM Kesiswaan dan Ketua PPDB MA Negeri 3 Malang menjelaskan bahwa bagi para pemenang dari lomba olimpiade PAI dan popdut singer akan diberikan penghargaan berupa piagam, uang pembinaan, voucher bea siswa pendidikan, dan golden tiket untuk mengikuti tes seleksi PPDB di MA Negeri 3 Malang Tahun Ajaran 2023/2024.

Rangkaian berikutnya, OSIM MA Negeri 3 Malang beserta guru pendamping mengajak 300 sahabat biru-putih diajak berkeliling untuk melihat berbagai fasilitas yang dimiliki MA Negeri 3 Malang, diantaranya adalah asrama, lab komputer, lab IPA-IPS, perpustakaan digital, ruang praktik TBSM, KTB, dan Desain Grafis. Selain itu, siswa dari SMP/MTs yang datang di MA Negeri 3 Malang disuguhi oleh ekspo dan unjuk kerja dari tiga keterampilan vokasi yang dimiliki oleh MA Negeri 3 Malang. Dari TBSM, menyajikan servis ringan kendaraan bermotor manual dan matic, seting pengapian, karburator, dan kelistrikan. Tidak mau kalah, Keterampilan Tata Boga juga menyajikan berbagai aneka masakan dan kue untuk bisa dilihat proses mengerjakannya, penataan (plating), sampai mencoba mencicipi berbagai sajian kuliner. Kelas Desain Grafis (DG) juga menampilkan teknik desain grafis mulai dari seting gambar, proses sablon/cetak, sampai dengan diimplementasikan kepada furniture atau kaos, pinset, dan media lainnya.

Rangkaian acara selesai pada 14.30 WIB, dengan harapan peresmian semi indoor multifungsi dapat menjadi sarana yang mampu dimanfaatkan bagi kemajuan peserta didik di MA Negeri 3 Malang. Kesan impresif juga diharapkan ‘tertanam’ pada siswa SMP/MTs yang diundang, sehingga menimbulkan kesan positif dan tertarik untuk mengembangkan bakat, minat, dan potensi akademik maupun nonakademik di MA Negeri 3 Malang.

MA Negeri 3 Malang: berdzikir, berpikir, dan berkarier. (jOe)