June 24, 2024

Sumatif, Sebagai Evaluasi dan Motivasi

Rangkaian kegiatan Sumatif Tengah Semester (STS) ganjil Tahun Ajaran 2023/2024 di MA Negeri 3 Malang terangkai mulai tanggal 18 – 25 September 2023. STS bertujuan untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik, mengukur konsep dan pemahaman, serta mendorong untuk melakukan perbaikan dalam mencapai kompetensi yang dituju pada setiap bidang studi. Ahmad Muzakki menjelaskan bahwa kegiatan STS ini akan dijadikan bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas dengan mengacu akumulatif semester ganjil dan genap. Selain itu, menurut beliau STS ini bertujuan sebagai umpan balik  dalam perbaikan proses pembelajaran, dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

MA Negeri 3 Malang dalam mengadakan kegiatan sumatif merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Bagi guru, sumatif ini sebagai informasi untuk menentukan jenis, teknik,bentuk instrumen, dan proses kegiatan belajar berdasarkan karakteristik tujuan pembelajaran

“STS merupakan bagian terpadu dari proses,fasilitas, penyediaan informasi holistik, sebagai feedback untuk pendidik, peserta didik, dan orang tua/wali agar dapat memandu dalam menentukan strategi pembelajaran berikutnya”, tutur Siti Ainun selaku Ketua Panitia STS.

Langkah konkret dari perwujudan asesmen yang dirancang oleh MA Negeri 3 Malang secara adil, proporsional, valid, reliabel dituturkan oleh Zainul Musafak selaku Kepala MA Negeri 3 Malang menjelaskan bahwa kegiatan STS ganjil ini merujuk pada Permendikbudristek nomor21 tahun 2022 tentang standar penilaian. Perbandingan pencapaian hasil belajar peserta didik dengan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP), cakupan tes pada akhir suatu periode tertentu, untuk memberikan pengalaman belajar atau beberapa materi, untuk menghasilkan nilai atau angka yang kemudian digunakan sebagai keputusan kinerja peserta didik, merupakan beberapa hal dari penentu klasifikasi apresiasi untuk direkam atau didokumentasi pencapaian peserta didik secara sistematis.

Kegiatan STS ganjil Tahun Ajaran 2023/2024 dilaksanakan pada tanggal 18-25 September 2023, yang dilaksanakan secara kondusif oleh panitia STS. Tim kesekretariatan Fitria Nurry, Vivi Andriani, ikhwan Malik selalu siap dan sigap memantau serta memberikan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi;berkas; lembar soal;lembar LJK, dan berbagai layanan administratif lainnya. Kendala-kendala teknis yang berkaitan dengan piranti yang digunakan peserta didik; seperti ‘hang’, tidak dapat login, soal tidak terbaca, tim proktor dan teknis Rizki Aditya dan Arga Dwi S siap membantu peserta didik dan panitia agar STS yang berbasis CBT dapat terlaksana secara kondusif dan tertib. Sie perlengkapan dengan anggota Khamdim, Arianto, dan Nurhadi juga siap dalam memberikan layanan prima kepada panitia dan peserta didik, terkait bangku-kursi yang kurang, memantau kebersihan kelas sebagai ruang ujian, kebersihan laboratorium, dan hal lain yang berkaitan dengan sarana-prasarana madrasah.

Salah satu siswa Ayu Agustin menuturkan bahwa selama pelaksanaan STS ganjil ini soal yang diberikan ‘membutuhkan’ jidat mengerut, artinya soal yang dibuat oleh semua guru MA Negeri 3 Malang memiliki ‘bobot’ dan kualitas yang baik. Hal ini dipertegas oleh Ahmad Muzakki selaku Wakakur, bahwa soal ujian telah melalui proses validasi dari serumpun dan tim kebahasaan, sehingga menghasilkan soal yang berkualitas.

Kebijakan dari Kepala MA Negeri 3 Malang bersama pimpinan/ Waka yang disepakati oleh seluruh guru dan karyawan, sebelum STS peserta ujian melaksanakan salat Dhuha sebagai bentuk ikhtiar ‘batin’ serta pembentukan karakter religius bagi peserta didik.

Selamat berproses siswa MA Negeri 3 Malang, STS merupakan ajang refleksi, evaluasi, dan pembelajaran karakter. Semoga mendapatkan hasil yang maskimal. Salam sukses..(jOe)