GURU KREATIF, KBM ASIK (MAN3 MALANG)

GURU KREATIF, KBM ASIK (MAN3 MALANG)

 

Kab. Malang (M3M)., Seiring perkembangan zaman dan tuntutan inovasi pembelajaran, tantangan dunia pendidikan semakin pelik dan berat. Sehingga, guru dituntut untuk kreatif dalam menyampaikan materi-materi pembelajarannya.

Terlebih materi yang disampaikan, menuntut peserta didik harus bisa masuk ke dalamnya, sedang mereka tidak mengenal sama sekali permasalahan tentang hal itu.

Salah satu contoh, pembelajaran Sejarah Indonesia yang membahas tentang kerajaan-kerajaan Islam saat masuk ke Indonesia. Betapa sulitnya guru, bagaimana memulai dan menyampaikannya.

Hal itu disadari oleh Evita Rachmawati, M.PdI. sebagai guru Sejarah di MAN 3 Malang. “Diterangkan saja, siswa minta bukti, disuruh memahami sendiri, siswa sulit mencernanya. Belum lagi jikalau referensi dan bukti-bukti akurat sangat minim”, ungkap Evita.

Berawal dari situ, akhirnya dalam pembelajaran, siswa diajak berselancar dengan gawai (gadged) untuk masuk ke laman/situs-situs sejarah yang sesuai dengan materi pembelajaran. Tanpa dirasa, mereka merasa asik dan terhibur dengan berbagai macam temuannya. Dan akhirnya, dengan arahan dan bimbingan dari guru mata pelajarannya, siswa mampu mempresentasikan materi dengan senang hati dan semangat. Wal hasil, materi yang didapat diinovasi dan jadilah satu buku materi Sejarah Indonesia Semester Genap Kelas X, setebal 57 halaman. Dan kemudian buku itu diserahkan kepada guru mapelnya pada Jum’at, 28/2/’20.

“Saya sangat benci sejarah dan SKI, karena disuruh hafalan terus. Tapi, dengan cara seperti ini, Saya jadi termotivasi untuk belajar Sejarah dan senang”, ungkap Rara Aminun Nisa Siswa kelas X IPS-TKJ1 yang lulusan dari MTsN 7 Blitar (SANEMO). Begitu juga Ahmad Jefry,” Saya sebenarnya malas belajar Sejarah, tapi kalau diajak masuk ke situs-situs sejarah dalam portal sejarah, saya jadi senang dan tertantang untuk terus mencari artefak-artefak yang ada sebagai bukti otentik”, ujar alumni MTs PGRI Donomulyo ini.

Respon positif yang diterima oleh siswa ini, berbuah indah dan membanggakan, yaitu, hasil proses pembelajaran yang dijalani menghasilkan produk dalam bentuk buku Sejarah Kerajaan-kerajaan Islam Di Indonesia kelas X semester Genap MAN 3 Malang. (Jon)

 

 

Dokumentasi Kegiatan 

 

Respond For " GURU KREATIF, KBM ASIK (MAN3 MALANG) "

Sorry, comments are closed for this post.