GENCAR SCREENING ANEMIA REMAJA PUTRI MAN 3 MALANG BERSAMA DINKES KAB. MALANG

GENCAR SCREENING ANEMIA REMAJA PUTRI MAN 3 MALANG BERSAMA DINKES KAB. MALANG

 

Kab. Malang (M3M)., MAN 3 Malang bersama Dinas Kesehatan Kab. Malang melalui PKM Kec. Donomulyo dengan menggandeng dokter-dokter muda Univ. Brawijaya Malang pada Selasa (25/2) melakukan screening anemia remaja putri di MAN 3 Malang.

Program Dinkes dengan nama GENCAR (Gerakan Mencegah Anemia Remaja) dilaksanakan di MAN 3 Malang guna mencegah dan mengantisipasi secara dini pada remaja putri yang terkena anemia. “Hal ini penting dilakukan, agar remaja putri memiliki kesehatan dan imunitas yang kuat”, ungkap dr. Audi selaku ketua Tim dari Univ. Brawijaya.

Memguatkan pernyataan tersebut, Kemenkes RI memberikan perhatian khusus kepada remaja putri, dikarenakan 23% dari remaja putri Indonesia telah mengalami Anemia. Sehingga beresiko kematian pada ibu melahirkan, bayi prematur, melahirkan anak stunting (tidak normal) dan menurunkan kemampuan kognitif pada usia siswa remaja. Karena itu, Kemenkes membuat program GENCAR.

Dalam pelaksanaan program Gencar ini, MAN 3 Malang menyiapkan 25 kader kesehatan remaja dibawah binaan Mar’atus Sholikhah, S.Pd selaku pembina UKS untuk dilatih oleh para dokter muda sekaligus diajarkan tata cara mendeteksi dini anemia dan menggunakan alat medisnya, guna menjalankan program UKS dan PHBS di MAN 3 Malang. (M’AS)

 

 

Dokumentasi Kegiatan

Respond For " GENCAR SCREENING ANEMIA REMAJA PUTRI MAN 3 MALANG BERSAMA DINKES KAB. MALANG "

Sorry, comments are closed for this post.